PERAWATAN LEMARI ARSIP

lemari arsip
lemari arsip

Lemari arsip perlu dirawat dengan baik meskipun harganya murah supaya tetap menjaga keawetan. Perawatan lemari arsip kadang-kadang kurang jadi perioritas bagi pemiliknya baik secara pribadi atau pun di kantor. Hal tersebut terjadi karena kurang sadarnya akan pentingnya menjaga kebersihan lemari arsip. Kebersihan lemari arsip selain menjaga keawetan lemari juga menjaga arsip-asip yang ada di dalamnya supaya tetap dalam kondisi yang baik. Kondisi baik dan bersih lemari menjadi salah satu indikator  dari keawetan dari lemari dan keamanan arsip. Selain dibersihkan secara berkala penempatan lemari arsip dalam ruangan pun menjadi penting demi kebersihan lemari, jika penyimpanan lemari arsip tidak tempat, misalnya berlawanan arah dengan angin sehingga debu cepat mengotori lemari apalagi disimpan diruangan yang tidak ber ace.

Perwatan lemari itu tetap penting tanpa mempertimbangkan bahan, bentuk, dan mereknya. Perawatan pun perlu dilkukan secara berkala dengan teknik yang tepat. Beberapa upaya untuk membersihkan lemari arsip yaitu: bersihkan permukaan lemari secara berkala, bersihkan dalam lemari dengan baik, simpan lemari pada posisi yang tepat, dan perhatikan kapasitas lemari tempat penyimpanannya. Semua itu perlu dilakukan dan dipertimbangkan agar lemari arsipnya tetap terawat.

Bersihkan lemari arsip secara berkala menggunakan lap, kemoceng, atau pembersih debu. Bersihkan seluruh permukaan lemari secara berkala dengan lap kering. Hindari penggunaan lap yang basah atau lembab, dengan lap basah atau lembab  membuat lemari cepat berkarat, selain berkarat mungkin membasahi dalam lemari sehingga merusak arsip yang di dalam. Selain menggunakan lap membersihkan permukaan lemari bisa juga menggunakan kemoceng, dan kalau memungkinkan serta supaya lebih bersih menggunakan mesin pembersih debu.

Pembersihan lemari arsip selain bagian luar bagian dalam lemari pun harus tetap dibersihkan, karena kotoran tidak hanya bagian luar lama kelamaan akan masuk pada bagian dalam lemari. Membersihkan bagian dalam lemari memerlukan ketelitian dan kesabaran yang lebih dibandingkan dengan waktu penyimpanan arsip dalam lemari. Ketika membersihkan lemari arsip ada dua kegiatan yang harus dilakukan dengan hati-hati dan penuh ketelitian. Pertama keluarkan arsip secara bertahap dari dalam lemari kemudian bersihkan satu persatu beserta isi dalam lemari, itu terus dilakukan sampai seluruh arsip selesai.

Supaya mempermudah ketika membersihkan dalam lemari perhatikan kapasitas lemari arsip jangan sampai melebihi kapasitasnya. Kelebihan kapasitas pada lemari akan sulit ketika membersihkannya dan menyusunnya dengan rapih serta diposisi semula. Selain mempersulit pembesihannya juga akan menyebabkan cepat rusaknya lemari. Risiko lain yang ditimbulkan dari lemari arsip yang melebihi kapasitas akan menyebabkan kerusakan pada arsip yang disimpan. Selain hindari penyimpanan lemari arsip yang terlalu penuh juga posisikan lemari pada posisi yang tepat dalam ruangan.

Lemari arsip perlu dirawat dengan baik agar tetap awet dan arsip yang didalamnya benar-benar terlindungi. Kegiatan perawatan tersebut perlu dilakukan secara terus menerus.